Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan - Magetan Jawa Timur

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tahukah Anda, selain dagingnya yang enak, susu hewan ini juga tidak kalah enak untuk diminum. Bukan hanya masalah rasa tapi kelebihan dan kandungan dari susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu maupun susu nabati.

 

Susu kambing memiliki kandungan kalsium, protein, dan zat-zat penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh dibandingkan dengan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Mengutip laporan United States Department of Agriculture (USDA) berikut adalah perbandingan nilai gizi 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing versus susu sapi. Menurut penelitian, analisis susu kambing vs susu sapi jelas bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, magnesium, dan kalium dalam susu kambing melebihi susu sapi. Selain itu, keunggulan susu kambing adalah lembut untuk pencernaan manusia, lebih mudah dicerna, dan memiliki prebiotik yang lebih tinggi sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni beserta ramuannya lebih sulit ditemukan untuk dijual. Hal ini disebabkan fakta bahwa ada kurang dari sapi perah. Inilah mengapa tidak mengherankan fakta bahwa ambing kambing memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada susu sapi. Bagi Anda yang ingin mengganti asupan susu harian dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing murni dan olahan yang harus Anda ketahui:

 

1. Sumber protein tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak.

 

Susu Kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati. Kandungan protein pada susu kambing adalah 9 gram dan pada susu sapi adalah 8 gram. Untuk susu nabati, seperti susu kedelai, mengandung protein setara dengan 6-7 gram. susu almond mengandung 0-1 gram protein. Dengan kelebihan tersebut susu kambing dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan protein harian Anda dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Namun masih diisi dengan sumber protein lain seperti daging, telur, dan bahkan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing memiliki mineral penting untuk mendukung kekebalan tubuh? Ya, jumlah mineral selenium pada susu kambing memang dikenal cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium merupakan salah satu komponen tubuh yang berperan sebagai antioksidan. Ini juga meningkatkan kekebalan dan juga membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk menjaga kesehatan tidak boleh disepelekan. Berkat kandungan selenium pada susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan segala situasi cuaca, dan untuk tingkat aktivitas sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Menambahkan segelas penuh susu kambing ke dalam diet Anda akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengeluh sembelit, diare, dan sakit perut. Bukannya sehat, badan jadi lemas akibat konsumsi susu. Paling sering, hal ini disebabkan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa yang terkandung dalam susu hingga alergi susu tertentu.

 

Susu kambing, meskipun mengandung laktosa sebagai konstituen dan kaya protein, dianggap lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaannya daripada susu sapi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing lebih sedikit memicu alergi daripada susu sapi. Sangat ideal bagi mereka yang memiliki riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berbicara dengan ahli medis profesional untuk memastikan keamanan anak Anda. Prebiotik yang merupakan komponen utama dalam susu kambing juga membantu memberikan asupan bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan untuk memastikannya dapat mempertahankan kadar normalnya atau bahkan meningkat sehingga memperlancar metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Tidak hanya sebagai sumber protein, alasan utama orang meminum susu adalah untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium dalam tubuh. Ini karena peran penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Berdasarkan tabel perbandingan gizi di atas, 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Hingga 51 mg lebih banyak dari kalsium dalam susu sapi. Dengan cara ini, menambahkan susu kambing ke dalam makanan akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari. Sebuah studi dari tahun 2014 di Rusia menunjukkan bahwa memberikan 400 ml susu kambing per Siang hari bagi orang berusia di atas 42 tahun diyakini berdampak pada metabolisme tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Pengurangan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling umum. Untuk mencegah penyakit jantung, ada banyak kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan, mulai dari berolahraga hingga memasukkan makanan sehat. untuk diet Anda termasuk dengan menambahkan susu kambing untuk diet sehat Anda. Susu kambing memiliki asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat membantu mencegah berbagai bentuk penyakit jantung. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing dapat bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal serta mencegah kenaikan kadar kolesterol sehingga jantung Anda bisa lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk membantu mewujudkan hal ini, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Meskipun penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium membantu mendorong perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dalam total penyerapan kalsium oleh tubuh kita, sebagian besar disimpan di tulang dan gigi. Kalsium digunakan untuk membuat jaringan gigi dan memastikan kesehatan gigi Anda. Jika Anda tidak ingin gigi Anda tanggal dan menjadi rawan pembusukan Perbanyak asupan minuman atau makanan tinggi kalsium. Susu Kambing adalah pilihan yang sangat baik sebagai sumber kalsium untuk dikonsumsi setiap hari. Jumlah kalsium dalam susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan gizi harian yang dianjurkan, jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang hanya 28 persen.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung asam linoleat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Banyak penelitian telah menemukan bahwa minum susu kambing membantu menurunkan kadar kolesterol di kantong empedu serta arteri. Jadi, mereka yang menderita kolesterol atau sedang menjaga kadar kolesterol bisa memilih pilihan susu yang lebih sehat yang bisa mereka konsumsi. Manfaat lain susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) serta serangan jantung dan stroke.

 

8. Menjaga kesehatan dan kehalusan kulit

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk perawatan kulit berbahan dasar susu kambing, mulai dari sabun mandi, lulur, lotion dan masih banyak lagi. Susu kambing yang kaya akan asam amino, asam lemak serta vitamin A, dipercaya dapat memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari kulit mulus dan kulit halus, produk yang terbuat dari susu kambing adalah pilihan terbaik. Kandungan pH pada susu kambing memiliki pH yang sama dengan kulit manusia, artinya tidak membahayakan kulit dan aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain itu asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing memberikan kelembapan tertinggi pada kulit yang membuatnya ideal untuk orang dengan kulit kering. Komponen lain seperti asam lemak dan vitamin A di dalamnya mampu menyembuhkan permukaan tubuh dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Mengintensifkan penyerapan dan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh

Sebuah studi dari tahun 2002 membuktikan konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih efisien.

 

Hal sebaliknya terjadi pada susu sapi yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap tembaga dan zat besi jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain. Kesimpulannya, konon konsumsi makanan yang sudah dilengkapi dengan segelas susu kambing dapat membantu tubuh Anda menyerap semua nutrisi, tanpa membuang semuanya.

 

10. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata dan tidur. Kandungan asam amino triptofan pada susu kambing dapat membantu pembentukan hormon serotonin dalam tubuh. Hormon Serotonin sangat penting dalam menjaga stabilitas mood, meningkatkan relaksasi, dan membantu pembentukan Melatonin, hormon yang juga dikenal sebagai hormon tidur. Oleh karena itu, meminum segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membuat Anda lebih nyaman dan lebih mudah tertidur. Manfaat susu kambing murni dan hasil olahannya berkat kandungan gizinya yang tinggi. Selain itu, keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi dan susu nabati telah dibuktikan secara ilmiah. Dari segi persentase protein, sodium magnesium, kalsium, dan potasium, tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk merasa ragu untuk mengonsumsi susu kambing sebagai tambahan kebutuhan gizi Anda di hari itu.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni akan membantu Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tidak hanya memperkuat daya tahan tubuh tetapi juga mampu mengurangi berbagai jenis penyakit mematikan, termasuk stroke dan serangan jantung. Selain melindungi dari dalam, manfaat susu kambing murni juga. jika dilihat dari luar melalui gigi yang sehat dan tampilan kulit yang cerah, lembab, dan lembut. Hal ini membantu dalam penampilan aktivitas sehari-hari Anda. Meski mencari ambing kambing murni tidaklah mudah Ada banyak peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, seukuran botol bahkan bubuk dengan harga yang berbeda-beda.

 

Harga susu kambing yang tersedia di pasar isekitar Rp. 44.000-85.000 untuk 200 gram susu kambing murni bubuk. Rp. 6.600-10,00 per 200 ml susu kambing segar atau beku. Jika dilihat dari harga susu kambing dan susu sapi, harganya bisa dua kali lipat. Namun jika mempertimbangkan kandungan gizi susu kambing yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan susu nabati, biaya yang diberikan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapat.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Rumah Dijual Bandung yang Tepat

Kreativitas dalam Modifikasi Kontainer untuk Bisnis Anda

Berapakah Harga Cargo Jakarta Jayapura